Ini yang Terjadi ketika Menelan Permen Karet

shares

Ini yang Terjadi ketika Menelan Permen Karet

NEW YORK - Permen karet menjadi kudapan manis yang disukai banyak orang, utamanya anak-anak. Namun, tak jarang saat mengunyah, permen ini justru tertelan dan beranggapan menelan permen karet akan membuat usus terganggu karena permen tertinggal dalam usus selama tujuh tahun. Ini penjelasannya.

Ahli pencernaan dari Medical Centre NYU Langone di New York Dr Lisa Ganjhu menjelaskan permen karet dapat melewati sistem pencernaan dan terbuang bersama sisa makanan lain. Namun permen jenis ini lebih sulit untuk dicerna.

Sifat kimia pada permen karet membuatnya tidak dapat larut sepenuhnya. Selain itu, permen karet juga tidak memiliki nutrisi untuk diserap ke dalam usus kecil. Menurut Dr Lisa seperti dilansir The Sun, permen karet sendiri terbuat dari campuran bahan karet, pemanis, pewarna dan penyedap.

Tidak adanya kandungan nilai gizi membuat banyak pakar kesehatan menganjurkan untuk tidak menelan permen karet. Selain itu, menelan permen karet dalam jumlah besar atau beberapa potongan kecil dalam waktu singkat memicu penyumbatan sistem pencernaan.

Umumnya, kondisi ini terjadi pada anak-anak yang memiliki saluran pencernaan lebih kecil dibandingkan orang dewasa. Namun, kasus ini cukup langka. "Permen karet memang tidak akan membunuh Anda, tetapi tidak logis untuk menelannya dengan sengaja. Jadi, jangan lakukan itu,” jelas Dr Lisa.

Related Posts