Tambang Garam Raksasa Ini Pun Jadi Tujuan Wisata

shares

Tambang Garam Raksasa Ini Pun Jadi Tujuan Wisata

Tambang garam raksasa yang tersimpan di perut bumi Kota Realmonte, bagian selatan Sisilia, Italia menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tambang garam di pulau terbesar di Laut Mediterania ini memiliki terowongan sepanjang 25 kilometer dan berada di kedalaman 100 meter di bawah tanah.

Realmonte mampu menghasilkan sekitar 500 ribu ton garam setiap tahun, dan memainkan peran penting dalam perekonomian lokal. Wilayah ini diyakini memiliki cadangan garam lebih 100 juta ton.

Berkunjung ke sana, Anda akan disuguhi dinding tambang garam yang secara alami dihiasi oleh ukiran dari lapisan batuan berwarna gelap dan terang dalam pola lingkaran konsentris. 'Ukiran' ini diperkirakan terbentuk sekitar 5 juta tahun yang lalu oleh deposisi garam ketika air laut menguap dan meninggalkan sejumlah besar garam sebagai endapan. Para ahli menyebut, selama periode ini Laut Mediterania mengalami siklus pengeringan, yang oleh ahli geologi sebut sebagai Messinian salinitas crisis.

Ini ditandai oleh prekursor dari Selat Gibraltar telah tertutup hingga Laut Mediterania seakan terblokir dari Atlantik, yang mengakibatkan peningkatan kadar garam air.

"Suhu membuat uapan yang dapat mempengaruhi jenis garam yang mengendap, artinya berbagai jenis garam terbentuk selama musim dingin dan musim panas," jelas The Earth Story.

Terang dan gelap garam yang terlihat di dinding tambang itulah yang menandai garam yang dihasilkan di musim panas dan dan musim dingin. Siklus musiman yang dikenal sebagai varves di
dunia geologi ini, menciptakan pola yang menarik.

Selain keajaiban alam, Realmonte Salt Mine juga memiliki sebuah gereja yang tertanam jauh di dalam perut bumi lengkap dengan altar, lukisan dan salib. Semuanya diukir dari garam oleh para pekerja tambang.

Tapi jangan berpikir jika gereja ini hanyalah kapel kecil. Karena gereja ini mampu menampung hingga 800 orang. Setiap tahun pada awal Desember, upacara diadakan di gereja bawah tanah
untuk merayakan hari Santa Barbara, yang dipercaya sebagai pelindung pekerja tambang. (amusingplanet.com)

Related Posts