Kawasan Bukit Bangkirai Masih Jadi Destinasi Wisata Alam Favorit

shares

Bukit Bangkirai Masih Jadi Destinasi Wisata Alam Favorit

Kawasan Wisata Alam (KWA) Bukit Bangkirai, Kutai Kartanegara, hingga kini masih diminati wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bahkan pada hari Minggu (3/1/2016), libur akhir tahun kali ini ,terhitung ada ribuan pengunjung yang berwisata salah satu kawasan hutan hujan tropis di Kalimantan Timur itu.

Pimpinan KWA Bukit Bangkirai, Tarigan melalui Staff Asisten TU dan Operasional, Ari Sutanto Mulai 24 Desember ‑ 3 Januari, tiap harinya selalu kedatangan 700 pengunjung yang menaiki Canopy Bridge.

Bahkan pihaknya kewalahan melayani pengunjung, pasalnya hanya ada 7 pegawai, sehingga perlu menambahkan 3 orang outsourcing yang membantu di kawasan tersebut.

"Pengunjung itu ramai dari Balikpapan, Samarinda, Samboja, Jogja, Jakarta. Kemarin juga ada 5 keluarga yang menginap di cottage, salah satu keluarga berasal dari Belanda. Jadi kami sangat kewalahan, makanya kami tambahkan 3 orang outsourcing supaya bisa bantu kami selama liburan ini," katanya.

Ari menganggap jumlah pengunjung pada libur akhir tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, meskipun tak signifikan.

"Tiap tahun kami selalu surplus, penghasilan kotor Rp 1,3 miliar. Tapi masih harus dibagi lagi untuk pajak, operasional perawatan, dan lain‑lain. Ya sekitar 200 ‑ 300 juta itu pendapatan bersih yang nantinya untuk keuntungan perusahaan," jelasnya.

Selain mengandalkan Canopy Bridge, KWA Bukit Bengkirai juga terdapat 113 jenis burung. 26 jenis anggrek, dan ribuan jenis jamur.

Beberapa satwa juga mendiami kawasan seluas 510 Hektar tersebut, seperti Owa, Lutung merah, kancil, dan burung enggang.

Tak jarang pula dijadikan sebagai kawasan riset, dan pendidikan bagi masyarakat lokal, nasional maupun internasional.

Related Posts