Bintan Marathon 2014 : 7 Desember 2014

shares

Bintan Marathon 2014 : 7 Desember 2014
Dalam rangka mempromosikan Pulau Bintan sebagai tujuan wisata, serta untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara. Pulau Bintan di Provinsi Kepulauan Riau akan melangsungkan Bintan Marathon 2014 pada 7 Desember 2014.

Dikutip dari Indonesiatravel, event yang menggabungkan olahraga dan pariwisata ini akan berlangsung di Pantai Trikora dan semuanya diperkenankan untuk bergabung, mulai dari anak-anak 11 tahun, pelajar SMA dan orang dewasa.

Selain peserta dari Indonesia, Bintan Marathon 2014 juga terbuka untuk peserta mancanegara dengan cukup menunjukkan paspor atau kartu KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas/Tetap). Ada 4 nomor yang dilombakan yakni marathon (42 km) untuk pelari pria umum, half marathon (21 km) untuk pelari wanita umum, 10 K untuk pelajar dan pelari umum, serta 5 K untuk pelajar dan pelari umum.

Lomba lari akan dimulai dari depan Gedung Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan, di Jalan Pantai Trikora 36 Km Teluk Bakai, kemudian melewati rute sepanjang Pantai Trikora, Hotel Agro, Bintan Trikora Beach Resort, Bintan Cabana Beach Resort, lalu kembali ke gedung Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk menjumpai garis finish.

Lebih dari 3.000 atlet dan pelari umum akan berpatisipasi untuk memperebutkan hadiah total Rp250 juta. Peserta akan meninggalkan garis start pukul 06.00. Bagi peserta yang ingin mengikuti lomba, untuk nomor 5 K tidak dipungut biaya apapun, sedangkan nomor 10 K ada biaya pendaftaran Rp50 ribu, 21 K Rp100 ribu dan 42 K Rp159 ribu.

Bintan adalah pulau terbesar di Provinsi Kepulauan Riau yang terdiri dari 3.000 pulau besar dan kecil. Pulau-Pulau tersebut membentang dari Selat Malaka hingga ke Laut Cina Selatan. Kota Tanjung Pinang yang merupakan ibukota provinsi ini terletak di barat daya Pulau Bintan.

Banyak sekali kegiatan wisata yang bisa dinikmati di Pulau Bintan, bagian utara pulau mencakup 23 ribu hektar pantai pasir putih yang menghadap langsung Laut Cina Selatan. Pulau ini pun memiliki sisa-sisa sejarah yang bisa dikupas di Pulau Penyengat. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati petualangan ekowisata dan snorkeling.

Pantai Trikora sendiri merupakan pantai pasir putih populer yang menawarkan beragam olahraga air dan aktivitas memancing di laut. Pengalaman menginap di kelong akan sangat menarik, diwarnai juga dengan menikmati makanan laut khas Bintan yang lezat.

Related Posts